SOAL ANIMASI 2D & 3D

LATIHAN SOAL-SOAL UJIAN BESERTA KUNCINYA  


PTS TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI

KELAS XI MULTIMEDIA

SEMESTER 1

 

 

PILIHAN GANDA

 

1.      Siapakah yang merumuskan 12 prinsip dasar animasi.....

a. Frank Thomas

b. Ollie Johnston

c. Paul Roget

d. Frank Thomas dan Ollie Johnston

e. Frank Thomas dan Paul Roget

 

2.      Prinsip dasar animasi pertama kali diperkenalkan oleh animator kawakan dari Walt Disney Studios yang ditulis dalam bukunya berjudul ....

a. The Illussion of Life

b. The Illusion of animate

c. The Animate of Life

d. The Life of Illusion

e. The life of Animate

 

3.      Sebuah prinsip yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras dan seberapa lentur permukaan sebuah benda adalah prinsip ....

a. Squash and Stretch

b. Anticipation

c. Staging

d. Slow In and Slow Out

e. Solid Drawing

 

4.      Prinsip animasi yang menegaskan bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda adalah prinsip ...

a. Squash and Stretch

b. Anticipation

c. Staging

d. Slow In and Slow Out

e. Solid Drawing

 

5.    Menempatkan karakter animasi pada posisi yang tepat dan memastikan bahwa setiap gerakan, ekspresi dan mood dari si karakter harus terlihat jelas dan tidak disalahartikan adalah ....

a. Squash and Stretch

b. Anticipation

c. Staging

d. Slow In and Slow Out

e. Solid Drawing

 

 

6.    Prinsip animasi yang digunakan untuk mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis adalah prinsip ...

a. Archs

b. Solid Drawing

c. Timing

d. Appeal

e. Exaggeration

 

 

7.    Kemampuan untuk menggambar karakter tetap konsisten letak dan bentuknya dalam berbagai angle sehingga karakter tersebut terlihat bervolume dan konsisten dalam setiap frame animasi adalah prinsip ...

a. Archs

b. Solid Drawing

c. Timing

d. Appeal

e. Exaggeration

 

8.    Dibawah ini yang termasuk jenis animasi tradisional adalah ...

a. Zoetrope,Thaumatrope dan stop motion

b. Thaumatrope, Phenakistoscope dan stop motion

c. Flipbook, Thaumatrope dan stop motion

d. Praxinoscope, Flipbook dan stop motion

e. Praxinoscope, Zoetrope dan Thaumatrope

 

9.    Jenis animasi berupa Perangkat yang menciptakan citra gambar bergerak adalah ...

a. Zoetrope

b. Magic Lantern

c. Thaumatrope

d. Phenakistoscope

e. Praxinoscope

 

10.  Jenis animasi berupa perangkat berupan disk lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika string diputar-putar dengan cepat antara jari, dua gambar muncul untuk bergabung menjadi satu gambar adalah...

a. Zoetrope

b. Magic Lantern

c. Thaumatrope

d. Phenakistoscope

e. Praxinoscope

 

11.  Perangkat animasi yang merupakan rangkaian gambar dalam buku yang seolah bergerak jika halaman-halamannya dibalik dengan cepat adalah...

a. Zoetrope

b. Magic Lantern

c. Flipbook

d. Phenakistoscope

e. Praxinoscope

 

12.  Teknik animasi yang menggunakan kamera untuk melakukan pemotretan pada setiap pergerakan objek, kemudian hasil fotonya disusun pada software animasi secara frame by frame, sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan adalah...

a. Animasi Komputer

b. Animasi Tradisional

c. Animasi Stop motion

d. Animasi 2D

e. Animasi 3D

 

13.  Animasi Stop Motion dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan teknik pembuatannya, yaitu:

a. Clay Animation, Cutout Animation dan Modeling Animation

b. Cutout Animation, Sand Animation dan Modeling Animation

c. Sand Animation, Hand drawn Animation dan Modeling Animation

d. Hand drawn Animation, Clay Animation dan Modeling Animation

e. Clay Animation, Sand Animation dan Hand drawn Animation

 

14.  Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah digambarkan dengan jelas, seperti...

a. Wahana ruang angkasa dan balap mobil

b. Tsunami dan balap mobil

c. Gempa bumi dan balap mobil

d. Balap mobil dan balap motor

e. Wahana ruang angkasa dan gempa bumi

 

15.  Lembaran kertas yang sudah terisi gambar karakter animasi dalam software animasi adobe flash disebut ...

a. Frame

b. Keyframe

c. Insert Frame

d. Insert Keyframe

e. Blank Keyframe

 

 

16.      Animasi 3D adalah animasi yang.....

a.    berwujud 2D                                               d. menggunakan komputer

b.    berwujud 3D                                               e. berbentuk sempurna

c.    menarik

 

17.      Perbedaan gambar 2 Dimensi dengan gambar 3 Dimensi adalah.....

a. Kualitas gambar

b. Kualitas video

c. Kualitas Audio

d. Terdapat sumbu X, Y dan Z untuk gambar 3D

e. Gambar yang bisa dirotasi untuk gambar 2D

 

 

18.      Aplikasi yang fungsinya untuk membuat animasi 3D adalah.....

a. 3DS Max dan Photoshop                              d. Blender dan Maya

b. 3DS Max dan Pinacle                                   e. Blender dan Pinacle

c. 3DS Max dan Ulead

 

19.      Meskipun objek 3D bukan dalam wujud 3D yang sebenarnya, yaitu bukan sebuah objek 3D yang dapat anda sentuh dan rasakan wujud fisiknya, namun.....

a. berwujud 3D dalam layar kaca 2D   d. berwujud 3D dalam layar kaca 3D

b. berwujud 2D dalam layar kaca 2D   e. berwujud 2D dalam layar kaca 3D

c. berwujud 1D dalam layar kaca 2D

 

20.      Animasi 2D bersifat datar (flat), sedangkan animasi 3D memiliki.....

a. kemiringan                                         d. dimensi

b. kedalaman                                         e. jawaban b, c dan d benar

c. ruang            

 

21.      Tahap animasi 3D secara keseluruhan dikerjakan dengan media …..

a. kertas                                                 d. komputer

b. kanvas                                               e. handphone

c. Cat

 

22.      Komponen Blender yang yang fungsinya untuk pencahayaan dinamakan....

a.   Mirror                                                            c. Modify                                 e. Time line

b.   Lamp                                                 d. Select and rotate

 

23.      Fungsi dari perintah yang menggunakan tombol “R” pada keyboard adalah....

a.   Merotasi Obyek                                d. Merubah ukuran obyek

b.   Menganimasikan obyek                   e. Memperbesar tampilan

c.   Membalik Obyek

 

24.      Teknik menggambar 3 dimensi ada tiga, manakah yang benar....

a. Primitives, Skulling, Nurbs                d. Primitif, Nurbs, Modeling

b. Primitives, Sculbting, Nurbs              e. Primitif, Nurb, Scripting

c. Primitif, Skuling, Nurb

 

25.      Teknik sculbting adalah teknik menggambar 3 dimensi dengan cara....

a. memahat                                           d. mengukur

b. mewarnai                                           e. memberi animasi

c. menebalkan

 

26.      Fasilitas pada aplikasi Blender yang fungsinya untuk membuat obyek adalah....

a.  Create                                               c. Extrude                   e. Attach

b.  Mirror                                                d. Mesh

 

27.      Objek yang pertama kali tampil sewaktu membuka Blender adalah, ....

a. kubus                                                 d. segitiga

b. lingkaran                                            e. prisma

c. bola

 

 

28.      Bagaimanakah cara menyeleksi obyek pada Blender....

a. Klik Kiri Obyek                      d. Tekan tombol ‘S’

b. Klik Kanan Obyek                 e. Tekan tombol ‘R’

c. Klik Tengah Obyek

 

29.      Bagaimanakah cara merotasi obyek pada Blender....

a. Klik Kiri obyek                       d. Tekan tombol ‘S’

b. Klik Kanan Obyek                 e. Tekan tombol ‘R’

c. Klik Tengah Obyek

 

30.      Sudut pandang (viewpot) pada Blender di antaranya, kecuali  ....

a. depan                                     d. samping kanan

b. belakang                                e. tengah

c. samping kiri

 

 

ESSAY

 

1.    Berikan 3 contoh adegan animasi yang menerapkan prinsip Exaggeration !

2.    Jelaskan cara kerja animasi stop motion!

3.    Apa yang kalian ketahui dengan viewport pada Blender?

 

 

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan atau komentar bisa langsung ditulis di sini.