LATIHAN SOAL-SOAL UJIAN BESERTA KUNCINYA
PTS TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI
KELAS XI MULTIMEDIA
SEMESTER
1
PILIHAN GANDA
1.
Siapakah
yang merumuskan 12 prinsip dasar animasi.....
a. Frank Thomas
b. Ollie Johnston
c. Paul Roget
d. Frank
Thomas dan Ollie Johnston
e. Frank Thomas dan Paul
Roget
2. Prinsip dasar animasi pertama kali
diperkenalkan oleh animator kawakan dari Walt Disney Studios yang ditulis dalam
bukunya berjudul ....
a. The
Illussion of Life
b. The Illusion of animate
c. The Animate of Life
d. The Life of Illusion
e. The life of Animate
3. Sebuah prinsip yang digunakan untuk
membuat ilusi seberapa keras dan seberapa lentur permukaan sebuah benda adalah
prinsip ....
a. Squash and
Stretch
b. Anticipation
c. Staging
d. Slow In and Slow Out
e. Solid Drawing
4. Prinsip animasi yang menegaskan bahwa
setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda adalah
prinsip ...
a. Squash and Stretch
b. Anticipation
c. Staging
d. Slow In and
Slow Out
e. Solid Drawing
5. Menempatkan karakter animasi pada
posisi yang tepat dan memastikan bahwa setiap gerakan, ekspresi dan mood dari
si karakter harus terlihat jelas dan tidak disalahartikan adalah ....
a. Squash and Stretch
b. Anticipation
c. Staging
d. Slow In and Slow Out
e. Solid Drawing
6. Prinsip animasi yang digunakan untuk
mendramatisir sebuah animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat
hiperbolis adalah prinsip ...
a. Archs
b. Solid
Drawing
c. Timing
d. Appeal
e. Exaggeration
7. Kemampuan untuk menggambar karakter
tetap konsisten letak dan bentuknya dalam berbagai angle sehingga karakter
tersebut terlihat bervolume dan konsisten dalam setiap frame animasi adalah
prinsip ...
a. Archs
b. Solid
Drawing
c. Timing
d. Appeal
e. Exaggeration
8. Dibawah ini yang termasuk jenis
animasi tradisional adalah ...
a. Zoetrope,Thaumatrope dan stop motion
b. Thaumatrope, Phenakistoscope dan stop
motion
c. Flipbook, Thaumatrope dan stop motion
d. Praxinoscope, Flipbook dan stop motion
e. Praxinoscope,
Zoetrope dan Thaumatrope
9. Jenis animasi berupa Perangkat yang
menciptakan citra gambar bergerak adalah ...
a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Thaumatrope
d. Phenakistoscope
e. Praxinoscope
10. Jenis animasi berupa perangkat berupan
disk lingkaran kecil atau kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi
yang melekat pada seutas tali atau sepasang string berjalan melalui pusat.
Ketika string diputar-putar dengan cepat antara jari, dua gambar muncul untuk
bergabung menjadi satu gambar adalah...
a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Thaumatrope
d. Phenakistoscope
e. Praxinoscope
11. Perangkat animasi yang merupakan
rangkaian gambar dalam buku yang seolah bergerak jika halaman-halamannya
dibalik dengan cepat adalah...
a. Zoetrope
b. Magic Lantern
c. Flipbook
d. Phenakistoscope
e. Praxinoscope
12. Teknik animasi yang menggunakan kamera
untuk melakukan pemotretan pada setiap pergerakan objek, kemudian hasil fotonya
disusun pada software animasi secara frame by frame, sehingga menciptakan ilusi
gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan
adalah...
a. Animasi Komputer
b. Animasi Tradisional
c. Animasi Stop
motion
d. Animasi 2D
e. Animasi 3D
13. Animasi Stop Motion dibedakan menjadi
beberapa kategori berdasarkan teknik pembuatannya, yaitu:
a. Clay Animation,
Cutout Animation dan Modeling Animation
b. Cutout Animation,
Sand Animation dan Modeling Animation
c. Sand Animation,
Hand drawn Animation dan Modeling Animation
d. Hand drawn
Animation, Clay Animation dan Modeling Animation
e. Clay Animation, Sand Animation dan Hand drawn Animation
14. Dengan animasi komputer, hal-hal yang
awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih
mudah digambarkan dengan jelas, seperti...
a. Wahana ruang
angkasa dan balap mobil
b. Tsunami dan balap
mobil
c. Gempa bumi dan balap
mobil
d. Balap mobil dan
balap motor
e. Wahana ruang angkasa dan gempa bumi
15. Lembaran kertas yang sudah terisi
gambar karakter animasi dalam software animasi adobe flash disebut ...
a. Frame
b. Keyframe
c. Insert Frame
d. Insert Keyframe
e. Blank Keyframe
16.
Animasi 3D adalah animasi yang.....
a.
berwujud 2D d. menggunakan komputer
b.
berwujud 3D e.
berbentuk sempurna
c.
menarik
17.
Perbedaan gambar 2 Dimensi dengan gambar 3 Dimensi
adalah.....
a. Kualitas gambar
b. Kualitas video
c. Kualitas Audio
d. Terdapat sumbu X, Y dan Z untuk gambar 3D
e. Gambar yang bisa dirotasi untuk gambar 2D
18.
Aplikasi yang fungsinya untuk membuat animasi 3D
adalah.....
a. 3DS Max dan Photoshop d. Blender
dan Maya
b. 3DS Max dan Pinacle e.
Blender dan Pinacle
c. 3DS Max dan Ulead
19. Meskipun objek 3D bukan dalam wujud 3D yang sebenarnya, yaitu bukan
sebuah objek 3D yang dapat anda sentuh dan rasakan wujud
fisiknya, namun.....
a. berwujud 3D
dalam layar kaca 2D d.
berwujud
3D dalam layar kaca 3D
b. berwujud 2D dalam layar kaca 2D e. berwujud 2D dalam layar kaca 3D
c. berwujud 1D dalam layar kaca 2D
20. Animasi 2D
bersifat datar (flat), sedangkan animasi 3D memiliki.....
a. kemiringan d. dimensi
b. kedalaman e. jawaban b, c dan d benar
c. ruang
21. Tahap animasi 3D
secara keseluruhan dikerjakan dengan media …..
a.
kertas d. komputer
b. kanvas e.
handphone
c. Cat
22.
Komponen Blender yang yang fungsinya untuk pencahayaan
dinamakan....
a.
Mirror c. Modify e. Time line
b.
Lamp d. Select and rotate
23.
Fungsi dari perintah yang menggunakan tombol “R” pada
keyboard adalah....
a.
Merotasi Obyek d. Merubah ukuran
obyek
b.
Menganimasikan obyek e.
Memperbesar tampilan
c.
Membalik Obyek
24.
Teknik menggambar 3 dimensi ada tiga, manakah yang
benar....
a. Primitives, Skulling, Nurbs d. Primitif, Nurbs, Modeling
b. Primitives, Sculbting, Nurbs e. Primitif, Nurb, Scripting
c. Primitif, Skuling, Nurb
25.
Teknik sculbting adalah teknik menggambar 3 dimensi
dengan cara....
a. memahat d.
mengukur
b. mewarnai e.
memberi animasi
c. menebalkan
26.
Fasilitas pada aplikasi Blender yang fungsinya untuk
membuat obyek adalah....
a.
Create c. Extrude e. Attach
b. Mirror d. Mesh
27.
Objek
yang pertama kali tampil sewaktu membuka Blender adalah, ....
a. kubus d. segitiga
b. lingkaran e. prisma
c. bola
28.
Bagaimanakah cara menyeleksi obyek pada Blender....
a. Klik Kiri
Obyek d. Tekan tombol
‘S’
b.
Klik Kanan Obyek e. Tekan tombol ‘R’
c. Klik Tengah
Obyek
29.
Bagaimanakah cara merotasi obyek pada Blender....
a. Klik Kiri
obyek d. Tekan
tombol ‘S’
b. Klik Kanan
Obyek e. Tekan tombol ‘R’
c. Klik Tengah
Obyek
30.
Sudut
pandang (viewpot) pada Blender di antaranya, kecuali ....
a. depan d. samping kanan
b. belakang e. tengah
c. samping kiri
ESSAY
1.
Berikan
3 contoh adegan animasi yang menerapkan prinsip Exaggeration !
2.
Jelaskan
cara kerja animasi stop motion!
3.
Apa yang kalian ketahui dengan viewport pada Blender?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan jika ada pertanyaan atau komentar bisa langsung ditulis di sini.